Visi dan Misi

Visi : Menjadikan Panti Asuhan sebagai Lembaga Sosial, Pendidikan dan Dakwah yang mampu menghasilkan Kader Islam & Bangsa yang berkualitas dan mandiri. Misi : Meningkatkan Kualitas dan kuantitas pelayanan sosial anak asuh dan keluarganya, Meningkatkan Kualitas pelayanan pendidikan ( IPTEK dan IMTAQ ) anak asuh., meningkatkan Pembinaan keimananan dan ketaqwaan anak asuh & pengurus dan Meningkatkan Kemampuan kelembagaan dan SDM Pengurus Panti Asuhan.

Selasa, 23 Juni 2009

Facebook

Berita mengagetkan bagi pengguna facebook adalah haramnya facebook yang muncul dalam Bahtsul Masail ke 11 Forum Pondok Pesantren Putri se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo Kediri 20-21 Mei lalu. Ada beberapa pertanyaan yang muncul bagi pembaca Majalah Pelangi yang belum mengetahui mengenai facebook, yaitu : 1). Apa dan bagaimana sejarah facebook ? 2). Apa kelebihan facebook dibandingkan dengan freindster ? 3). Bagaimana membuat facebook ? 4). Apa hukum facebook menurut Muhammadiyah dan NU ?
Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah A Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Facebook memiliki kelebihan tersendiri dimana seseorang bisa mengupdate statusnya. Kita bebas menuliskan apa saja di status kita. Dari hal yang remeh-temeh, seperti apa yang kucing kita makan tadi pagi, sampai hal serius seperti kolapsnya harga saham AIG, dapat kita tulis di status kita. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Twitter. Keasyikan lain dari Facebook adalah para pengguna bisa menikmati fasilitas chatting. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Yahoo Messenger.Pengguna semakin dimanjakan dengan layanan Photos yang dapat digunakan untuk saling berbagi foto atau gambar di antara sesama teman. Fitur berupa Tag Photos juga menjadi daya tarik yang cukup memikat. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Flickr, Anda membaca sebuah tulisan di internet dan ingin mengajak teman Facebook anda untuk ikut membaca? Jangan salah, Facebook juga punya fasilitas untuk itu. Fasilitas bookmark ini sama dengan yang dipunyai oleh Digg,Anda seorang blogger, tapi mulai jengah karena blog anda tak pernah dikunjungi teman? Cobalah buat blog di Facebook. Dijamin, paling tidak teman anda akan melirik hasil tulisan anda di sidebar. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Blogspot, Pengin sharing koleksi video menarik? Silahkan aja ke Video. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh YouTube,Saking populernya Facebook, sampai-sampai Google sebagai embahnya search engine menjadi grogi. Pemakai internet mulai mencari jawaban terpercaya terhadap pertanyaan pencarian mereka, tidak hanya dalam bentuk daftar situs seperti yang biasa disediakan di Google. Tapi user juga mengharapkan jawaban personal atas pertanyaan pribadi yang tidak mungkin bisa dijawab oleh Google, seperti di mana restoran atau salon yang bagus. Hal-hal positif dan negatif, yaitu :
Positif:
1. memperluas jaringan pertemanan, dengan Facebook saya bisa mendapat teman-teman baru yang Alhamdulillah baik, namun ada juga yang sepertinya kurang bermaksud baik dan semua itu kembali ke kita bagaimana menanggapinya.
2. mempererat tali silaturahmi, dengan FAcebook saya bertemu kawan-kawan lama saya dan akhirnya komunikasi dapat berlanjut hingga sekarang, sampai-sampai bisa mengadakan reuni kecil-kecilan. =>
3.mempermudah syiar, sebagai seorang Muslim sudah kewajiban untuk saling mencerahkan dan dicerahkan satu sama lain dan dengan Facebook peran tiap-tiap muslim sebagai da’i menjadi lebih mudah.
4.cepat mendapatkan informasi terkini tentang teman kita.
5.media refreshing, gak tau kenapa saya selalu bisa menjadi lebih rilex ketika membuka Facebook, jangan-jangan ini tanda-tanda addicted yah?? hehe…=>
6.meningkatkan angka penjualan, bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha Facebook merupakan media promosi yang gratis dan sangat efektif bagi usaha Anda.
Negatif:
1.Informasi/data pribadi Anda terancam, hati-hati dalam memasukkan data-data yang bersifat sangat pribadi karena bukan tidak mungkin akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
2.Awas kecanduan, yup saya cukup banyak mendengar orang-orang yang akhirnya malahan addicted sama Facebook dan akhirnya urusan mereka menjadi terbengkalai, intinya berusahalah proporsional dalam menggemari apapun… karena Allah tidak suka orang-orang yang berlebihan.
3.beberapa berpendapat kalau facebook berperan dalam pendanaan Israel ketika menyerang Palestina, untuk hal ini saya sarankan untuk mengkaji lebih dalam lagi dan kembalikan kepada niat Anda dalam ber-facebook, karena bila kita saksikan malahan facebook adalah media yang paling efektif dalam membangun image anti-israel.
4.Informasi menjadi semakin mudah diputar-balikan, kalau ini sebetulnya merupakan dampak negatif dari internet secara umum, dan tentu saja akhirnya masuk ke dalam dampak negatif facebook
Hukum facebook menutu Ketua PBNU dan Ketua PP Muhammadiyah yaitu :
KH HASYIM MUZADI Ketua Umum PB NU menegaskan rekomendasi komunitas ulama Jawa Timur agar MUI mengharamkan situs jejaring sosial seperti facebook harus dipertimbangkan kembali.
Facebook merupakan alat yang dalam ilmu agama disebutkan bersifat netral. Alat itu baru bisa dihukumi ketika alat itu dipergunakan untuk apa. HASYIM mengumpamakan sebilah pisau kalau pisau untuk masak tidak ada salahnya. Tapi kalau pisau itu digunakan untuk membunuh orang menjadi barang bukti.
Demikian pula dengan facebook. Kalau digunakan untuk kebaikan, saling tukar informasi tentang ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat tidak ada salahnya. Artinya, kalau ada penyalahgunaan alat yang dihukum bukan alatnya tapi orangnya.
“Apa dia teknologi, apa dia budaya itu tergantung penggunaannya. Untuk apa ini yang penting. Kalau untuknya kebaikan ya jadi baik. Kalau untuknya kejelekan ya jadi jelek. Jadi bukan alatnya yang dihukumi tapi penggunaannya
Sedangkan menurut ketua PP Muhammadiyah adalah Ketua Umum PP Muhamadiyah, Dien Syamsuddin minta para ulama mengeluarkan fatwa yang lebih bermanfaat dan strategis ketimbang memberikan label halal atau haram terhadap facebook. Karena itu, dia menolak jika facebook diharamkan oleh kalangan ulama.
"Isu yang melihat halal atau haram facebook, menurut hemat saya tidak perlu-lah," kata Dien dalam jumpa pers usai mengeluarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhamadiyah tentang pemilihan presiden dan wakil presiden, Rabu, (27/5). Menurut Dien akan lebih bermanfaat bila kalangan ulama masuk ke wilayah strategis seperti memberantas kemiskinan, keterbelakangan, atau kemalasan umat dalam beribadah. "Jangan urusan yang seperti itu (mengharamkan facebook)," kata Dien.
Sebagai pribadi, Dien mengaku sebagai penggemar berat facebook. Dari facebook itulah, dia mengaku berinteraksi dan menjalin silaturahmi dengan banyak orang. "Ada yang tergabung Jamaah Facebookiah yang anggotanya guru-guru Muhammadiyah," ujar Dien. Akibat silaturahmi itu, Dien mengaku tiga account facebook yang dimilikinya sudah penuh. Padahal satu account berisi 5000 anggota.
Menurut Dien, tidak semua hal dalam kehidupan harus dibahas dengan kacamata hukum. Apalagi, kalau fiqihnya menggunakan kacamata kuda tidak melihat ke kiri atau ke kanan. Facebook, menurut Dien, hanya teknologi biasa, yakni hanya alat teknologi, informasi, dan sarana untuk berkomunikasi. "Karena itu dia sama dengan telepon, handphone dan sama dengan alat-alat informasi dan teknologi lain," kata dia. "Sehingga tergantung yang memakai. Bisa positif, bisa negatif. Saya sendiri melihat lebih banyak manfaatnya." By Izza

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Ke-

Sejarah Panti

Panti Asuhan Muhammadiyah KH.Ach.Dahlan berada di Jalan Tambak Asri No.202 Surabaya. Mempunyai sejarah sebagai berikut : Tahun 2002 masih berupa kegiatan Pengajian Plus Bhakti Sosial untuk Ibu dan anak berupa pembagian sembako,perlengkapan sekolah,paket lebaran,dll dengan anak binaan 30 anak.Tahun 2004 mendirikan Rumah Singgah KH. Achmad Dahlan yang waktu itu bertempat di Jl. Dupak Bandarejo No. 18 Surabaya dengan anak binaan 50 anak. Tahun 2005 mendapatkan Wakaf Sebuah Rumah dari Bapak H. Djuma’ali ( Wakil Ketua PCM Krembangan ) yang beralamat di Jl. Tambak Asri No. 202 Surabaya yang selanjutnya digunakan untuk Panti Asuhan KH. Achmad Dahlan. Tahun 2005 – 2006 Proses Renovasi & Pembangunan Tahap I dan Tahun 2007 – 2008 Proses Renovasi & Pembangunan Tahap II Lantai II. Pada Mei 2008 Peresmian Pembangunan Tahap II ( Lantai II ).

Provider & Logos

Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates